Siswi SMPN Satu Atap Pesanggrahan 2 Meraih Juara 1 Nasional Video Karya Kreatif Kebhinekaan

Cuplikan Video oleh Devi dalam Lomba Video Karya Kreatif Kebhinekaan (Dok: YouTube)

KIM Mayangsari – Kabar membanggakan datang dari salah seorang siswi SMP Satu Atap Pesanggrahan 2 Batu. Devi Kisnadela Indah Suci, yang biasa dipanggil Devi, meraih Juara 1 Nasional Video Karya Kreatif Kebhinekaan yang diselenggarakan oleh Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI) pada 30 Agustus 2021 yang ditayangkan melalui channel YouTube Kemendikbud RI.

Dalam proses menuangkan ide video yang dilombakan, materi video berdurasi 1 menit tersebut merupakan gagasan dari Devi sendiri. Ide konten video tersebut merupakan pengalaman yang diperoleh pada masa kecil yang pernah mendapat perlakuan tidak menyenangkan (rasis) dari teman sebayanya dikarenakan warna kulitnya. Ia mengatakan bahwa tidak semestinya kita membeda-bedakan seseorang dari warna kulit, juga membedakan perlakuan antara yang kaya dan miskin sebagaimana pesan dalam videonya, “Buat apa bicara bhinneka? Jika kaya miskin kau perlakukan berbeda?”.

Dari ribuan video yang masuk, Devi berhasil menjadi finalis bersaing dengan siswi dari SMP Negeri 1 Mojokerto dari kategori SMP. Dalam peniliaian lomba tersebut, Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Pratikno, memberikan komentar serta menjadi juri dalam lomba virtual tersebut. Menurut Pratikno, meskipun pengambilan gambarnya sangat sederhana, tetapi muatan video Devi memiliki pesan yang sangat kuat dalam mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Itulah yang mengantarkan Devi menjadi juara 1 nasional dalam lomba yang diselenggarakan Kemendikbud RI dengan mengambil tema “Rayakan Merdekamu”.

Pencapaian yang dilakukan Devi menginspirasi kita untuk dapat mengimplementasikan semboyan Bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, didalam kehidupan sehari-hari.

(adn)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply