Pemdes Pesanggrahan bersama dengan LKD Akur Hakarya Budaya Meresmikan Sanggar Seni Budaya Dusun Srebet Timur

Selamatan Njenang Sapar yang dilakukan oleh seluruh masyarakat di lingkungan RW 07 dalam rangka peresmian Sanggar Seni Budaya Dusun Srebet Timur (Dok: KIM Mayangsari)

KIM Mayangsari – LKD Pesanggrahan yang bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan, Akur Hakarya Budaya, pada Sabtu (25/09/2021) menggelar peresmian Sanggar Seni Budaya di Dusun Srebet Timur. Acara peresmian tersebut sekaligus dalam rangka menghidupkan kembali salah satu kegiatan selamatan “Njenang Sapar”.

Berlokasi di RW 07, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari Dewan Kesenian Kota Batu (DKKB), Dinas Pariwisata Kota Batu, BPD Pesanggrahan, perwakilan dari sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Batu serta jajaran perangkat Desa Pesanggrahan.

Ketua Akur Hakarya Budaya, Sunarto, S.Pd, menyampaikan bahwa menghidupkan seni itu termasuk “Mbelgedes”, istilah yang beliau gunakan yang merupakan akronim dari mbelani gedene Deso atau mempertahankan kebesaran Desa. Senada dengan Ketua Akur Hakarya Budaya, Drs. Rosihan selaku Ketua BPD Pesanggrahan memaparkan bahwa pengalaman berbudaya lokal harus dialami para pemuda di Desa Pesanggrahan.

Budi Cahyono selaku Sekretaris Desa Pesanggrahan turut memberikan apresiasi dan berharap karya kesenian di Desa Pesanggrahan semakin berkembang.

Pada akhir acara, Ketua Sanggar Sangguran Desa Mojorejo memimpin jalannya doa dan kemudian diakhiri dengan seremonial peresmian Sanggar Seni Budaya Dusun Srebet Timur Desa Pesanggrahan.

Kontributor: (mar)

Editor: (adn)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply