Desa Pesanggrahan Mendapat Pembinaan Perdana Program “Desa Cantik” oleh BPS Kota Batu

Pembinaan Program “Desa Cantik” oleh Badan Pusat Statistik Kota Batu pada Kamis, 29 April 2021 (Sumber: Dok. KIM MAYANGSARI)

KIM Mayangsari – Dalam mempersiapkan program “Desa Cantik” atau kepanjangan dari “Desa Cinta Statistik” yang diinisiasi oleh Badan Pusat Stastik, Desa Pesanggrahan mulai mendapatkan pembinaan dari Badan Pusat Statistik Kota Batu pada Kamis, 29 April 2021 bertempat di Ruang Rapat Pemerintah Desa Pesanggrahan. Pemaparan materi pembinaan disampaikan oleh Widi dari BPS Kota Batu dengan fokus pembahasan gambaran secara umum dari program Desa Cantik.

Melalui program Desa Cantik ini BPS bertujuan agar Desa mampu menggunakan data sebagai instrumen penting dalam proses perencanaan pembangunan yang berkualitas, yakni pembangunan yang tepat sasaran dan sesuai potensi Desa.

Tidak hanya itu, dengan pembinaan program Desa Cantik ini diharapkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Desa Pesanggrahan, utamanya aparatur Pemerintah Desa Pesanggrahan dapat menggunakan data sebagai pengendali sekaligus sebagai instrumen dalam proses perumusan kebijakan. Program Desa Cantik ini kemudian dijelaskan oleh Widi dapat bersinergi dengan prioritas program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, karena dalam melaksanakannya sama-sama membutuhkan data sebagai instrumen pembuatan kebijakan di Desa.

Dalam pembinaan Desa Cantik ini, Pemerintah Desa Pesanggrahan akan melakukan koordinasi dan sinergi program Desa Cantik dengan Pemerintah Kota Batu melalui dinas terkait, khususnya Dinas Kominfo dan Dinas Pemberdayaan (DP3AP2KB)

kontributor : (mar/yol)

editor : (adn)

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply