Sudah menjadi kelaziman bahwa sebuah Badan Usaha milik desa – BUMDesa – memiliki tanggung jawab untuk membuktikan eksistensinya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemerintah Kota Batu sendiri sangat serius dalam melaksanakan pendampingan dan pembinaan BUMDesa yang ada di 19 desa sekota Batu.

 

BUMDesa “ MAYANGSARI” Desa Pesanggrahan dengan melihat perkembangan yang begitu masiv tentang bidang  atau unit usaha sebagai kegiatan real yang harus dimiliki oleh sebuah BUMDesa, maka pada tahun 2019 ini telah melouching unit usaha baru berupa produk “ Sabun Susu Mayangsari “.

Sebenarnya kegiatan usaha tersebut telah sudah dimulai pada pertengahan Juli tahun 2018 yang lalu. Adalah Desa Berseri program Astra tbk Internasional, sebagai mitra pendamping dalam pengolahan varian produk Sabun Susu yang melibatkan ibu-ibu pelaku ekonomi produktif yang ada di Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu.

Melihat data produksi susu segar yang dihasilkan oleh penduduk Desa Pesanggrahan yang begitu melimpah, sebagai Badan Usaha yang dimiliki Desa sekaligus melihat peluang bisnis oriented yang ada, BUMDesa Mayangsari Desa Pesanggrahan sengaja berinovasi yang tentunya dengan mempertimbangkan berbagai masukan dan keinginan masyarakat peternak untuk meningkatkan penghasilan yang pada akhirnya juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan penduduk.

Berbagai macam jenis olahan sabun susu cair dan padat dalam bentuk bergai kemasan telah siap dipasarkan. Untuk sementara ini juga telah meyani pesanan person secara online baik sekala domistik Kota Batu maupun luar daerah.

Saat ini  juga akan dilakukan penjajakan  kerjasama dengan Persatuan Hotel Republik Indonesia, PHRI  Kota Batu dalam rangka melayani kebutuhan Sabun khusus hotel.

Dengan jalinan kemitraan dengan pihak PHRI Kota Batu, kedepan diharapkan bisa membawah dampak keberlangsungan usaha yang yang berkesinambunggan.

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •