Selalu menyenangkan belanja di Pasar Tradisional, apalagi dekat rumah. Desa Pesanggrahan Kota Batu memiliki pasar kampung yang populer dengan sebutan Pasar Cilik, untuk membedakan dengan Pasar Besar yang ada di pusat kota.

Sedari kecil, kami generasi era 90 an atau 2000 an awal, sangat biasa untuk disuruh belanja atau menemani Emak belanja pagi di pasar cilik. Biasanya Emak akan belanja kesini kalau ada beberapa bahan masak tidak ditemuinya di warung dekat rumah. Cukup kami jalan kaki sekitar 10 menit. Kami menyebutnya nama Pasar Cilik untuk membedakan Pasar Besar di pusat kota.

Letak persis Pasar Cilik ada di Dusun Krajan Desa Pesanggrahan Kota Batu Jawa Timur. Dari sejarah yang kami dengar dari cerita orang tua, keberadaan Pasar Cilik (PC) sudah ada seiring dengan lokasi Balai Desa lama di Jalan Hasanudin (sekarang hotel Batu Permai).

Seperti halnya tata kota di Jawa, dimana di depan pusat pemerintahan adalah pasar. Kawasan Pasar Cilik berada di jalan Sajid yang berhadapan dengan bekas Balai Desa lama. Tidak pernah ada hari khusus untuk buka atau tutup, jam operasional mulai pukul 6 pagi sampai 11 siang kita bisa belanja dan menikmati keramaian miniatur pasar tradisional disini.

Bagi generasi kami, kemewahan terbesar membekas dalam ingatan adalah menemukan bungkusan Cenil, Gatot dan Horog-horog diantara tumpukan sayur mayur dan lauk pada kantong belanja Emak. Memasuki era 2000an, kami sering meluncur bersama teman-teman, membungkus Es Pasundan di pojok barat Pasar Cilik pada jam sepulang sekolah. (aan)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •