Desa Pesanggrahan – Mendaki gunung bisa dibilang kegiatan wisata alam yang memacu adrenalin. Mendaki di ketinggan dengan melalui jalan yang penuh semak belukar dan melewati hutan menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pendaki. Tantangan ini menjadi hal yang biasa bagi para pecinta alam yang hobi mendaki.

Namun, bagi pemula yang baru memulai kegiatan mendaki hal ini menjadi tantangan besar yang menunggu mereka. tapi buat pendaki pemula jangan khawatir, Desa Pesanggrahan menyuguhkan alam pendakian yang cocok untuk para pemula. Gunung Panderman, itulah tepatnya.
Gunung yang masih satu komplek dengan Gunung Kawi dan Gunung Buthak ini termasuk ke dalam bagian Sleeping Beuty Mountain (read: Gunung Putri Tidur).

Akses
Akses menuju wisata alam Gunung Panderman yang berketinggian 2045 mdpl ini cukup mudah. Dari alun-alun Kota Batu ikuti jalan ke arah Barat sampai di perempatan kedua, kemudian belok ke kiri dan kembali ikuti jalan sampai bertemu perempatan kemudian belok ke kanan ke arah jalan yang ada gapura bertuliskan “Wisata Gunung Panderman”. Kemudian kembali ikuti jalan terus ke arah barat sampai habis dan akan sampai di basecamp pendakian. Kendaraan pribadi dapat dititipkan di sana. Setelah pendaki sampai di basecamp, kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Panderman dengan melewati beberapa titik yaitu Latar Ombo, Watu Gedhe dan kemudian sampai di puncak yang bernama Basundara. Jarak tempuh dari basecamp menuju puncak dapat ditempuh dalam waktu 3 – 3,5 jam.

Gunung yang namanya diambil dari seseorang berkebangsaan Belanda “Van der Man” ini tentunya menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. Dari atas puncak gunung para pendaki akan dimanjakan dengan keindahan awan yang membuat pendaki merasa berada di negeri atas awan. Ketika berada di Watu Gedhe, para pendaki akan mendapatkan pemandangan Kota Batu dan Kota Malang yang artistik. Selain itu, Gunung Panderman juga memiliki tanah datar yang bisa dimanfaatkan oleh pendaki sebagai tempat untuk berkemah.

Nah, buat para pendaki pemula sekarang tidak perlu khawatir lagi ya.

Desa Pesanggrahan siap memanjakan hobi baru kalian. Salam mdpl!!!