Desa Pesanggrahan Kini Miliki Marketplace Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Era Digital

KIM Mayangsari – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mayangsari Desa Pesanggrahan bekerjasama dengan jasa pengiriman barang Kurir Lokal (KULO) menciptakan inovasi serupa digital marketing.

Integrasi antara BUMDES dan KULO tersebut menciptakan tempat bisnis online (marketplace) bernama tokobatu.com.

Ketua BUMDES, Subhan, S.Pd, mengatakan bahwa tujuan program ini adalah untuk memberikan ruang bagi masyarakat kota Batu jual-beli online untuk memasarkan produk hasil usaha masyarakat/UMKM.

Guna menjamin keberlangsungan usaha masyarakat, BUMDES juga membuka spot untuk pembuatan perijinan usaha melalui aplikasi OSS yang dimulai pada 29 Maret- 10 April 2021, pada jam 12.00 WIB- selesai. Spot tersebut ada di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Mayangsari di Rest Area BUMDES Mayangsari Desa Pesanggrahan. Masyarakat yang memiliki usaha bisa langsung datang dengan membawa identitas diri berupa KTP dan email aktif, sedangkan proses registrasi akan dibantu oleh operator yang bertugas.

Ketua BUMDES mengatakan bahwa “Semua kegiatan usaha bisa diakomodir disini (tokobatu.com) dan nantinya masyarakat bisa secara aktif menjual dagangannya secara luas dengan efisiensi biaya. Sedangkan, adanya spot pendaftaran OSS ini manfaatnya adalah agar masyarakat bisa secara individu mengurus surat ijin usaha online dengan mudah, dan tidak berbayar. Jadi BUMDES yang biasanya pengelolaannya berbasis aset desa, berkembang menjadi pengelolaan berbasis sumber daya manusia.”

Sampai pada hari ini sebanyak 80-90 unit usaha telah melakukan pendaftaran ijin usaha melalui kegiatan ini.

(mu/yape)

Editor : (adn)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply