(Kim Mayangsari) Setelah berinovasi dengan pengembangan produk olahan susu, usaha pemerintah desa dalam meningkatkan nilai perekonomian desa tidak berhenti di itu saja. Tahun 2019 ini Pemerintah Desa Pesanggrahan sedang mempersiapkan peluncuran salah satu spot yang akan mampu menjadi solusi bagi sentra perekonomian Kota Batu pada umumnya dan Desa Pesanggrahan pada khususnya. Bondo Deso (BONDES) adalah nama yang diusulkan oleh Tim Kreatif Desa Pesanggrahan.

Spot yang digadang-gadang bakal menjadi sentra perekonomian dan seni budaya yang sangat cocok dengan kebutuhan kota batu sebagai kota wisata ini mulai dikerjakan sejak tahun 2018. Desain awal bangunan meliputi pertokoan, galeri seni, balai pelatihan, taman bermain, dan greenhouse ini dianggap mampu menjadi tempat edu-wisata sekaligus sentra seni budaya.

Terletak di sebelah timur kantor Desa Pesanggrahan memliki luas ┬▒500 meter, menjadi sangat strategis dengan akses yang mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Bondo Deso masih menjadi satu-satunya nama yang diusulkan untuk sentra ekonomi dan seni budaya yang sudah rampung 70% ini, walaupun belum disahkan tempat ini nantinya akan menjadi salah satu opsi yang tepat untuk berbagai macam kegiatan karena memiliki fasilitas yang mampu mengakomodir banyak sekali kebutuhan diantaranya terdapat sentra kuliner, fasilitas pertunjukan, pertokoan, sanggar batik, balai pelatihan, galeri seni, urban farming, hingga co-working space yang sangat cocok dengan gaya hidup anak muda kekinian.

Kedepannya diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat Desa Pesanggrahan dapat terpusat di tempat ini. Menciptakan sentra kreatifitas bagi masyarakat, membuka peluang lapangan tenaga kerja baru, meningkatkan strata ekonomi masyarakat desa. Menuju desa mandiri, Pesanggrahan Makmur! (uge)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  • 2
  •  
  •  
    2
    Shares