(KIM Mayangsari) Pemilihan ketua rukun warga (RW) 08 di Desa Pesanggrahan memiliki konsep baru layaknya gelaran pemilihan presiden. Meskipun pilpres sudah usai, namun euforia pesta demokrasi itu masih terlihat dari keaktifan masyarakat mengikuti pemilihan ketua RW. Beberapa hari sebelum pemungutan suara yang digelar hari Minggu kemarin (01/12/2019), panitia sudah disibukkan dengan kegiatan persiapan mulai dari penjaringan calon ketua RW, memasang papan reklame calon ketua RW sampai dengan mensosialisasikan proses pemungutan suara kepada masyarakat RW 08.

Penjaringan calon ketua RW dilakukan dengan membuka pendaftaran dan meminta pendapat dari tokoh masyarakat. Sehingga ada 5 calon ketua RW yaitu H. Misto, Widiyono, NG. Adi Wijaya, Mustain dan Slamet Jinurung yang berstatus sebagai petahana. Pemilihan umum ketua RW ini menetapkan 290 kartu keluarga (KK) sebagai daftar pemilih tetap. Setiap KK memiliki satu suara yang bisa digunakan. Sistem daftar pemilih tetap menggunakan satu suara untuk satu KK ini disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki RW 08. Daftar pemilih tetap yang hadir berjumlah 233 KK. Suara sah berjumlah 232 KK dan 1 suara tidak sah. Hasil pemilihan umum menetapkan kembali Slamet Jinurung yang merupakan petahana sebagai ketua RW 08 untuk kedua kalinya dengan unggul 150 suara atau 64%. Untuk merayakan kesuksesan pemilihan ketua RW 08 ini, kandidat yang terpilih diarak dengan barongsai  mengelilingi wilayah RW 08.

Andik Wiyono, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa meskipun hanya digelar sederhana namun nilai demokrasi dan transparansi menjadi hal yang utama. Dengan adanya pemilihan yang terbuka seperti ini akan menghapuskan asumsi-asumsi negatif dari masyarakat akan keterbukaan dalam proses pemilihan ketua RW 08. Masyarakat juga mendapatkan pelajaran tentang pentingnya aktif berdemokrasi dan menggunakan hak pilih dari ruang lingkup yang paling sederhana. Proses pemilihan umum seperti ini juga mengingatkan kembali masyarakat bahwa demokrasi menghasilkan pemimpin dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Selamat dan sukses atas terpilihnya Slamet Jinurung sebagai ketua RW 08, semoga RW 08 semakin berdaya dan maju. (mun)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •