(KIM Mayangsari) Malang, 03 september 2019. Desa Pesanggrahan didapuk menjadi Wakil Kontingen Kota Batu untuk mengikuti lomba Kadarkum tingkat wilayah yang bertempat di Bakorwil III Malang. setiap wilayah diwakili oleh kontingen terbaiknya. Pada masing- masing sesi, terdapat dua babak yakni penyisihan dan final.

Diawali dengan pertunjukkan yel- yel dari masing masing kontingen wilayah. Kota Batu yang diwakili oleh kontingen dari Desa Pesanggrahan, menghadirkan yel- yel dengan iringan musik karawitan yang rancak dan lirik lagu yang menggambarkan keindahan kota Batu, juga tesurat  pesan pesan hukum untuk disuarakan. Tim yel- yel terdiri dari 8 pendamping dan peserta yel yel, 5 peserta inti, dan 2 peserta cadangan. Disaksikan langsung oleh Kepala Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi, S.Pd, para kontingen terlihat lincah.

Setelah masing masing kontingen menampilkan yel- yel, dilanjutkan langsung dengan acara inti yakni Lomba Kadarkum. Pada sesi pertama, kota Batu berhadapan dengan Kabupaten Pasuruan, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Blitar.

Mengantongi point 261.2, Kabupaten Sidoarjo menjadi pemenang kedua di babak penyisihan sesi pagi, kemudian dengan jumlah point 633 maka kota Batu menjadi pemenang pertamanya. Pemenang pertama dan kedua di babak penyisiahan pagi akan bertemu pada babak final dengan pemenang pertama dan kedua babak penyisihan siang.

Di babak final, kota Batu berhadapan dengan kontingen dari perwakilan kota Sidoarjo, kabupaten Malang, dan kota Malang. Keadaan tidak berjalan selancar sesi pagi, kota Batu mengalami banyak drama, dimulai dengan adanya pengurangan nilai, sampai dengan interupsi pembatalan nilai dari kontingen lawan. Seakan akan gagal di babak final ini, kontingen kota Batu terlihat tidak ingin gentar sama sekali, dengan menjawab pertanyaan pertanyaan dengan jawaban yang nilai pointnya yang baik.

Sekitar pukul 16.35 WIB, para juri datang dengan membawa catatan pengumuman pemenang lomba yel- yel dan Kadarkum. Pada pengumuan pemenang yel- yel, kota Batu meraih posisi ketiga dengan perolehan nilai 250. Tidak berselang lama pemenang lomba kadarkum diumumkan.

Kota Batu menjadi Juara I dengan point 536.6, dan Kabupaten Sidoarjo sebagai Juara II dengan perolehan nilai 435. Dengan diumumkannya Kota Batu sebagai Juara I di tingkat wilayah, maka Kota Batu yang diwakili oleh kontingen dari Desa Pesanggrahan mendapatkan hadiah berupa trophy dan sertifikat pemenang, juga berhak mengikuti lomba kadarkum di Bakorwil tingkat provinsi, yang rencananaya akan dilaksanakan di Surabaya pada bulan Oktober 2019. (ulf)

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •